Pangdam VI/Mlw Resmikan Markas Korem 092/Mrl

Tanjung Selor, rangkaian acara peresmian kantor Makorem 092/Maharajalila juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Hizbul Wathan Korem 092/Maharajalila oleh bapak Panglima Kodam VI/Mlw bertempat di Jalan Katamso Tanjung Selor, Rabu (22/12/2021).

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso mengatakan pembentukan Korem 092/Maharajalila ini merupakan pemekaran dari Korem 091/Aji Surya Natakesuma sesuai Perkasad Nomor 23 Tahun 2019, tanggal 6 Desember 2019, yang sekaligus sebagai upaya komando atas dalam memenuhi kebutuhan organisasi sebagai implementasi strategi pertahanan aspek darat.

Kehadiran Korem 092/Maharajalila ini sesungguhnya selaras dengan penataan organisasi TNI AD serta telah melewati proses pengkajian secara cermat dan seksama, sesuai tantangan tugas ke depan.

Dia mengatakan kehadiran Korem 092/Mrl merupakan realisasi dari keinginan, harapan dan permintaan masyarakat serta pemerintah daerah di Kaltara akan adanya satuan teritorial dan telah mendapat restu dari seluruh komponen masyarakat serta Pemda. Sebagai salah satu bukti kepercayaan masyarakat Provinsi Kaltara kepada Kodam VI/Mulawarman.

“Perlu saya sampaikan bahwa proses penamaan Korem 092/Maharajalila dengan motto Wira Kangar Begali Mundur yang memiliki arti Prajurit Pemberani Pantang Mundur merupakan usul dan masukan serta kajian dari Kodam VI/Mulawarman, Pemda serta Ketua Adat di Provinsi Kalimantan Utara ini, agar dapat mengakomodir kearifan lokal,” terangnya.

Adanya Korem 092/Maharajalila di Provinsi Kalimantan Utara yang merupakan wilayah perbatasan RI-Malaysia, akan memberikan efek tangkal bagi pihak manapun yang berniat mengganggu keutuhan dan kedaulatan wilayah Indonesia.

Pasalnya, wilayah perbatasan merupakan garda terdepan bangsa Indonesia. Untuk itu, Korem 092/Maharajalila yang berada di wilayah perbatasan dengan segala resikonya, adalah jaminan bagi masyarakat Indonesia untuk dapat beraktifitas sehari-hari dengan nyaman dan tenang.

“Dengan diresmikannya Makorem 092/Maharajalila, maka tugas-tugas Korem 092/Maharajlila dalam pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah Provinsi Kaltara, akan dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan efisien, karena memudahkan sistem pengendalian dengan memperpendek jarak,” ujarnya.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Gubernur beserta Forkopimda Kaltara, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat Kaltara, yang telah memberikan dukungan, bantuan dan kerjasamanya kepada Kodam VI/Mulawarman. Sehingga pihaknya dapat melaksanakan tugas pembinaan wilayah dengan baik.

“Saya berpesan kepada Danrem 092/Maharajalila beserta jajarannya, untuk senantiasa memelihara kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Sehingga keberadaan kita di wilayah ini benar-benar dapat mewujudkan stabilitas wilayah yang kondusif serta bermanfaat bagi masyarakat Kaltara yang merupakan wilayah perbatasan,” pungkasnya.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang menuturkan atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kaltara, mengucapkan selamat atas peresmian Korem 092/Maharajalila.

“Sebagaimana telah kita ketahui bersama, Korem 092/Maharajalila merupakan salah satu dari satuan teritorial yang berada di bawah kendali Kodam VI/Mulawarman,”.

Dia menjelaskan patut disyukuri, pada akhirnya Kaltara telah memiliki Korem sendiri. Dalam momentum peresmiannya dirinya pun mengajak semuanya, agar secara bersama-sama dapat menegakkan aturan dan menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Kaltara.

“Ini demi kepentingan dan kebaikan bersama dimasa sekarang maupun mendatang. Karena stabilitas keamanan dan ketertiban, merupakan salah satu kunci untuk kesuksesan program-program pembangunan di Kaltara,” terangnya.

Upaya dalam mewujudkan hal tersebut tentu memiliki tantangan tersendiri, terutama karena kondisi geografisnya dan posisinya yang berada di daerah perbatasan dengan negara tetangga. “Namun saya percaya, kita dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab itu bersama,” ungkapnya.

Gubernur tak lupa berterimakasih kepada seluruh jajaran Korem 092/Mrl di bawah kepemimpinan Brigjen TNI Suratno, yang sejak berdirinya korem ini, telah membina sinergi dan kerjasama yang positif dengan Pemprov Kaltara. Dengan kerja sama dan sinergi yang baik dengan pemerintah daerah dan seluruh instansi terkait lainnya, dapat bersama-sama menjaga keamanan di Kaltara.

“Semua yang kita laksanakan ini, merupakan bentuk kecintaan kita kepada Kaltara. Sehingga cita-cita untuk mewujudkan Kaltara yang berubah, maju dan sejahtera dapat segera terwujud,” pungkasnya.